[Dapur Kos-Kosan] #2- Nasi Mentega

Hai sobat kosan..
Selamat menunaikan ibadah puasa ya..
Nah, kali ini saya akan memberikan tips dan trik menu sahur ala anak kos (yang pemalas)  namun tetap enak dan maknyus, yaitu... Teteret tereeett.... "NASI MENTEGA"

Seperti biasa, tentu ada alasan mengapa menu ini diangkat menjadi topik yang layak untuk diperbincangkan. Alasannya cukup sederhana. Pertama, karena makanan pokok rakyat Indonesia sebagian besar adalah nasi, dan saya merupakan salah satu penikmat nasi sejak saya bayi. Kedua, karena mentega merupakan produk yang dijual di pasar, kemudian saya beli, dan jadinya saya gunakan untuk memasak.
Jika biasanya mentega dipasangkan dengan roti tawar, saya tidak. No kebarat-baratan. Saya memilih memasangkannya dengan nasi. Berhubung mengoleskan mentega ke butir-butir nasi satu per satu terlalu lama, jadi mentega nya akan saya masak saja.

Menu nasi mentega sebenarnya sudah banyak dan dapat dijumpai dengan mudah di internet. Namun kali ini, menu nasi mentega versi saya, tentu akan sama saja. Tidak usah berekspektasi lebih. Soalnya ini untuk sahur. Tidak usah aneh-aneh, demi kelangsungsan puasa saya.

Duh, pasti kalian penasaran kan seperti apa tutorial memasaknya? Mendingan jangan deh, soalnya ini akan sangat mainstream.
Baiklah, jika kalian memaksa, berikut tutorial memasaknya:

1. Siapkan alat dan bahan. Seperti biasa, peralatan harus bersih, jangan sampai peralatan yang dipakai adalah peralatan yang belum dicuci selama seminggu. Nyuci dulu woy, dasar males. Kemudian bahan yang digunakan adalah bahan-bahan milik sendiri dan sudah lunas. Jangan bahan-bahan hasil utang, nanti rasanya jadi kurang sedap karena teringat utang. Dan tentu jangan hasil curian. Apa gunanya nyuri mentega. Selain tidak keren, tentu dosa. Gimana si, gitu aja ga tau.

2. Siapkan bahan-bahan seperti air, toge, bihun, daging ayam, bawang merah, bawang putih, garam, kerupuk. Itu adalah bahan-bahan soto. Tentu bahan-bahan itu tidak digunakan untuk memasak pada episode kali ini. Soto kan udah kemarin. Gimana si. Jadi, bahan-bahan untuk memasak nasi mentega yaitu air, beras, mentega, garam, bawang merah, bawang putih, dan telur/daging/sosis (bila mampu). Berhubung saya kismin dan di kosan tidak ada apapun, maka bahan yang akan saya gunakan adalah beras, mentega dan air.

3. Cuci beras. Jangan pake sunlight, nanti jadi rasa jeruk nipis. Jangan pake detergen, nanti nasinya jadi wangi kaya baju, bisa-bisa kalian bingung, malah nasinya dipake, bajunya dimakan. Cuci beras pake air biasa aja, jangan air di dalam jambu air. Udah lah, masa nyuci beras aja perlu ditutorialkan. Dasar cupu.

4. Setelah beras selesai dicuci, masukkan ke dalam panci, jangan malah dibuang.

5. Tuangkan air sesuai takaran. Takaran yang pas adalah menggunakan feeling. Makanya, jadilah orang peka.


6. Setelah kira-kira air sudah sesuai, masukkan mentega.
Band, band apa yang gak pernah ngeluarin album? Band yang belum bikin album lah.

7. Kira-kira beginilah penampakannya
Beras+air+mentega

8. Masaklah hingga matang

9. Sembari menunggu matang, isilah kegiatan menunggu dengan hal-hal positif
Contoh hal positif
10. Eh, nasinya mateng cuy

11. Tambahkan telur ceplok. Berhubung gaada, tapi tenang saja, saya punya pengganti yang sangat mirip dan relevan.
Slai o'lai adalah pengganti telor ceplok paling mirip. Ya, 11:1586 lah.

12. Agar menjadi politon (tidak monoton), tambahkan bon cabe dan kecap.
Dan.... Teteret tereeettt... Jadilah "Nasi Mentega ala Kosan"


Review:
Dari tampilan, cukup memikat ya kan? Bagi saya sih iya, karena tidak ada menu lain lagi. Selanjutnya mari kita bahas dari segi rasanya. 
Nasinya sendiri menurut saya enak ya, karena matang. Hehe. Tentu karena takaran airnya juga pas. Ya iyalah, feeling saya kan ngalah-ngalahin roy kiyoshi. Kemudian dari segi nasi mentega, menteganya cukup terasa. Semakin menjadikan menu ini adalah benar-benar nasi mentega, bukan soto. 
Kemudian dari segi telor ceploknya. Ketika dipadukan dengan nasi mentega yang asin, telor ceplok slai o'lai ini mampu membaur dengan masyarakat. Sungguh, potret nyata kerukunan antar umat dapat saya temui dalam menu kali ini. Rasanya enak, saling melengkapi. Beneran deh. Ini ga bohong. Kali ini, menu dapur kos-kosan dapat dinikmati sampai habis, tanpa ada rasa enek sedikitpun. Ya entah lidahku gak peka, atau seleraku yang aneh. Intinya, menu ini sangat direkomendasikan bagi manusia malas. Tinggal masukin bahan, ceklek, tunggu mateng, siap disantap...

Demikianlah menu spekatkuler "Nasi Mentega ala Anak Kos" versi saya. Ternyata dengan bahan yang sederhana dapat diperoleh cita rasa yang yaaa biasa saja. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi sobat kosan sekalian. Dan semoga tidak terjadi masalah dalam puasaku gara-gara sahur pake menu ini. Wkwk. 

Bye.. Salam mentega!








Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer