[Dapur Kos-Kosan] #1 Soto Kuah Greentea (Lengkap dengan Pangsit)

Hai.. 
Selamat datang di dapur kos-kosan. Hehe.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips sederhana bagaimana cara membuat makanan spektakuler ala anak kos.

Menu kali ini dipilih karena saya sendiri cukup menyukai soto. Biasanya setelah makan soto, saya minum es teh. Teh favorit saya itu teh hijau alias green tea. Nah, makanya saya akan mencoba memasak sendiri, soto ditemani dengan greentea. Untuk menghemat peralatan masak dan peralatan makan, maka saya berinisiatif untuk menjadikan greentea sebagai kuah (males nyuci cuy). 

Baiklah, mari kita mulai tutorial memasaknya. 
1. Siapkan alat masak yang sudah bersih. Ingat, seenak apapun makanan kita, jika alat yang digunakan untuk memasak kotor tentu jadinya tidak nikmat dan tidak menyehatkan. 

2. Rebus air hingga mendidih. Air yang dipakai adalah air biasa saja, jangan air accu/aki, air akuarium, atau bahkan air conditioner. Bagaimanapun, kita akan memasak makanan untuk dimakan, bukan untuk dibuang. Untuk takaran air, silahkan gunakan sesukanya. Jika suka yang banyak kuah, ya rebus air yang banyak. Yang penting cukup untuk dijadikan kuah greentea dan merebus soto. 
Berikut contoh cara merebus air:

3. Setelah air mendidih, tuangkan air tersebut ke dalam mangkok untuk membuat kuah greentea. Sisa yang terdapat dalam panci, akan digunakan untuk merebus soto

4. Siapkan bahan sotonya. Berhubung bahan-bahan soto itu banyak dan terlalu ribet bagi anak kos, maka saya memilih bahan soto instan, yaitu indomie rasa soto. Tidak apa-apa. Yang penting ada sotonya. 

5. Rebus indomie tersebut sampai mie nya tidak punya tenaga (lemes)

6. Sembari menunggu mie kehabisan tenaga, maka kita menyiapkan kuah greentea. Caranya, mandikan kantong teh berisi greentea ke air panas dalam mangkok tadi


7. Memandikan kantong teh dilakukan sesuka hati. Berhubung saya memandikannya kelamaan, jadinya kuah greentea terlalu pekat, dan tentu pahit. Karena saya tidak suka pahit, maka saya tambahkan gula. 

8. Saya lupa kalau kuahnya itu tidak sebanyak ketika dijadikan es teh, jadi gula sesendok ternyata terlalu manis. Untuk itu, agar kemanisannya sedikit berkurang maka ketika mencicipi kuah tersebut hendaknya sambil mengingat pengalaman pahit yang pernah dialami. Jika belum pernah mengalami, maka ingatlah pengalaman orang lain.

9. Nah tanpa disadari, mie nya sudah lemes

10. Kemudian campurkan mie dengan kuah greentea yang sudah jadi

11. Tambahkan bumbu, untuk menjadikan doi soto
12. Aduk-aduk hingga merata
13. Tambahkan pangsit. Berhubung di kos tidak sedia pangsit, adanya creackers, maka pangsit diganti dengan creackers tersebut. Dengan pertimbangan, pangsit dan creacers sama-sama kotak dan kriuk.

 14. Agar hidangan lebih nikmat dan estetik, tambahkan bon cabe beserta madu


15. Sajian siap dihidangkan...



Review:
Secara penampilan, saya rasa tidak ada yang aneh ya. Cukup menarik. Kemudian saya coba kuahnya, cukup enak. Tetap paling dominan adalah rasa soto, bedanya biasanya soto ada sensasi kecut dari jeruk nipis, lah ini rasa soto dengan sensasi pait-pait manis khas greentea. Menurut saya, ini rasa yang unik. Kemudian mulai menyantap mie, tidak ada masalah. Rasa mie biasa, ditemani kuah rasa soto pait-pait manis. Kemudian ketika diaduk, ada tambahan sensasi, yaitu pedas, dari bon cabe, dan kuah jadi tambah manis karena ada madu. Kemudian creackers yang ketambahan madu rasanya jadi enak, namun ketika tercampur kuah creackersnya jadi lembek. 
Secara keseluruhan, hidangan ini dapat ditelan, meskipun tidak begitu dapat dinikmati (karena lama-lama enek. Wkwk). 
Tapi tenang, hidangan ini tetap saya habiskan karena saya tidak ingin membuang-buang makanan. Kasihan saudara kita di Afrika sana yang mau makan aja susah. 
Setelah saya pikir-pikir, rasa enek itu berasal dari perpaduan creackers campur madu dibarengi kuah soto pait-pait manis yang menurut saya tidak sinkron. Jadinya di tenggorokan mereka mulai memberontak. Berebut kekuasaan. Mungkin untuk kedepannya, creackers bisa dihilangkan atau diganti, yaaa dengan pangsit asli atau mungkin bisa berinovasi dengan roti tawar (sama-sama kotak). Oh iya, mungkin madu juga bisa diganti, karena rasa manisnya egois, ingin berkuasa. Jadinya pada demo di tenggorokan. 

Oke, demikian hidangan "Soto Kuah Greentea Lengkap dengan Pangsit ala Kos-kosan". Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kalian semua. Selamat mencoba. Pesan saya, jangan takut mencoba, meskipun nanti bakal enek. Hehe. Yang penting tetap dihabiskan ya, walaupun sedikit menyiksa. 

Bye.. Salam anak kos!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer