Mengurus pajak 5 tahunan di Samsat Jogja dan Samsat Kebumen

Jadi, saya adalah mahasiswa asal Kebumen yang kuliah di Jogja. Motor saya harus ganti plat pada tanggal 18 februari tahun ini, dan karena saya tidak ingin membawa motor pulang ke Kebumen jadi saya mencoba mencari tahu bagaimana bila cek fisik kendaraan dilakukan di Jogja saja, siapa tau bisa, dan ternyata memang bisa, saya saja yang kudet wkwkw.

Nah... Beginilah ceritanya...

Pertama, siapkan dulu berkas-berkasnya. Kemarin saya menyiapkan:
-STNK asli
-fotokopi KTP (sesuai nama stnk)
-fotokopi BPKB

Lalu bergegaslah saya menuju samsat jogja. Hehe sebenarnya saya ke samsat jogja hanya membawa stnk, dan ternyata berkasnya kurang. Jadi saya melengkapi berkasnya ketika nyampe samsat, minta dikirimkan foto dari rumah, lalu mencari tempat ngeprint. Susah sekali karena tempat fotokopi di samsat tidak bisa untuk ngeprint hehe. Repot kan. Jadi mendingan nyiapin berkasnya dari rumah/kosan saja. Hehe

Lalu beginilah alurnya..

1. Pergi ke samsat pada jam kerja (seingat saya samsat buka jam 08.00, untuk pelayanan cek fisik sepertinya sampai jam 12.30, mungkin untuk hari jumat dan sabtu lebih singkat lagi)
2. Parkir kendaraan yang akan dicek fisik ke belakang, dekat dengan antrian cek fisik.
3. Masuk ke kantor bagian formulir, lalu pak polisi akan bertanya, keperluannya apa.
4. Karena saya meminta cek fisik bantuan, maka pak polisi meminta saya untuk membeli formulir di fotokopi surya (di deket kantor kok), dan harganya 15rb.
5. Langsung mengantrikan kendaraan untuk cek fisik.
6. Ketika sampai giliran cek fisik, formulir tadi diserahkan ke petugas cek fisiknya. Lalu kita membantu memegang motor ketika bapaknya melakukan cek fisik.
7. Setelah itu bawa formulir tadi, lalu dilengkapi berkas-berkasnya, dan dikumpulkan di kantor bagian formulir tadi. Lalu keluar dulu untuk menunggu dipanggil.
8. Ketika dipanggil, kita masuk ke dalam lalu formulir dan berkas akan dicocokkan kemudian formulir disahkan.
9. Setelah formulir disahkan dan stnk dikembalikan, lalu ke parkiran, bayar parkir 2rb dan pulang deh..


Selanjutnya... Saya pulang kampung tuh membawa formulir itu.. lalu saya ke samsat kebumen.. begini alurnya..

1. Siapkan berkas-berkas (stnk asli, ktp asli, fotokopi stnk, fotokopi bpkb, fotokopi ktp)
2. Pergi ke samsat kebumen pada hari kerja
3. Parkir kendaraan
4. Karena sudah cek fisik, lalu saya langsung masuk ke kantor bagian formulir cek fisik. Lalu saya serahkan formulir dari jogja dan berkas-berkas tadi. Kemudian keluar dulu, menunggu dipanggil.
5. Oh iya, jika seandainya lupa belum fotokopi, di sana ada tempat fotokopian, tapi harganya 1rb per lembar
6. Ketika dipanggil, masuk kembali ke kantor tersebut, lalu formulir tadi beserta berkas-berkas (stnk asli dan ktp asli) sudah dimasukkan map oleh pak polisi. Lalu kita bayar 30rb dan selanjutnya kita bawa map itu ke kantor utama yang gede.
7. Saat masuk ke kantor utama, map tadi dimasukan ke keranjang bertuliskan pajak 5 tahun/mutasi/balik nama.
8. Duduk dan menunggu dipanggil
9. Ketika dipanggil, map tadi kita bawa ke depan, ke loket 1 bagian pendataan dan pendaftaran, lalu kita duduk lagi menunggu dipanggil
10. Ketika dipanggil, kita akan mendapatkan nomer antrian untuk pembayaran di kasir.
11. Setelah nomer antrian kita dipanggil, lalu dilakukan pembayaran sesuai jumlah tagihan
12. Lalu kita pindah untuk duduk di dekat loket 2, menunggu dipanggil
13. Ketika dipanggil, langsung menuju loket 2 untuk menerima ktp dan stnk baru
14. Keluar gedung utama menuju tempat pengambilan plat nomer (dekat kantin dan tempat fotokopi)
15. Oiya ketika keluar gedung biasanya ada yang menawarkan plastik wadah stnk stnk harganya 1rb hehe
16. Sesampainya di tempat plat nomor, masukkan stnk  baru (tanpa plastik) dalam keranjang antrian 
17. Plat nomer sedang diproses, kita duduk menunggu dipanggil
18. Ketika plat nomer jadi, lalu dipanggil, untuk mendapatkan plat nomer baru dan stnk.
19. Menuju parkiran, bayar parkir 1rb, pulang deh..


Hehehe begitulah ceritanya...
Semoga membantu hehehe.. terima kasih..

Komentar

Postingan Populer