Panggilan

Jadi weekend kemaren saya ikut pengabdian di Batang. Kebetulan saya berada di tempat yang paling jauh, Andongsili namanya. 

Sebenarnya tempat pengabdian masyarakat kali ini ada di 3 desa (atau dusun yak wkwk), yaitu pagilaran, kayulandak dan andongsili. 

Dari pagilaran menuju andongsili, membutuhkan waktu tempuh 45 menit. Perjalanan menggunakan black panther (dan blue panther wkwkwk). Dan kecepatannya hanya 10km/jam. Gile cuy, seperti sedang berpetualang membelah kebun teh. Wkwkwk. Ngeri tapi seru. Meskipun sedikit  ngeri, tapi aku santhuy saja, karena bapak supirnya juga santhuy gitu bawa mobilnya. Keren. Salut saya. 

Setibanya di andongsili, lalu disambut dengan udara dingin. Fufufu. Ternyata ruangan tempat kami menginap hanya disediakan 4 kasur single, untuk 9 manusia. Lalu ngecek sinyal, wow, tidak ada jaringan sama sekali wkwkwk. Ya sudah, mungkin ini yang namanya pengabdian. Hehe. 

Hari pertama saya dapat tugas skrining anak-anak SD. Ternyata, dari andongsili menuju sd butuh waktu sekitar 20 menit, lagi-lagi menggunakan black panther wkwkwk. Setibanya di SD, ya sudah, skrining saja. Tapi saya baru skrining 1 bocil sudah capek haha. Saya capek berpura-pura ramah, apalagi sama bocil. Hufff. Maafkan aku temanku (yang akhirnya meneruskan skrining menggantikanku). 

Hal yang menarik adalah, anak-anak di Andongsili juga bersekolah di sini. Ya karena ini adalah satu-satunya sekolah dan yang terdekat. Katanya mereka kalau berangkat bareng-bareng naik pick up (ada yang antar dan jemput). Sasuga.. perjuangan sedari SD. Hehe

Lalu setelah kegiatan di SD, tidak ada yang menarik. Langsung saja ke hari berikutnya, yaitu pengobatan gigi gratis.

Lagi-lagi saya bagian skrining, karena tentu saja saya masih newbie. Pasiennya pun beragam, mulai dari anak usia 2 tahun hingga mbah-mbah usia 80an tahun. Wow. Bersyukur saya bisa bahasa jawa halus (meskipun tipis-tipis hehe). 

Jujur saja, saya paling males meriksa anak-anak. Eh malah dapet anak usia 2 tahun. Harus beramah tamah deh saya. Dan tentu saja, nyuruh anak itu membuka mulut sangat susah. Wow. Kenapa ya Tuhan wkwk. Setelah bersusah payah, akhirnya anak itu mau mringis, yaaa lumayan lah gigi depannya keliatan, sedikit. Hufff.. tapi.. matanya berkaca-kaca. Wkwkwk jadi sebelum doi nangis, mendingan saya cukupkan sekian hahaha. Bye adik kecil.

Lalu, yang menarik, saya mendapatkan beragam panggilan. Eh, gak beragam deng.. 
Rata-rata memanggil saya bu (terutama yang sudah mbah-mbah). Apakah saya ini seperti ibu-ibu? Begitu pikirku. Lalu, sisanya memanggil saya dok. Wow. Terlalu dini, tapi saya tidak ada pilihan selain mengamini. Hehehe. 

Ya sudah. Begitulah pengalamanku pengabdian di Batang. Sisanya sesi foto-foto bersama dosen, residen, guru SD, dan sesi jalan-jalan ke kebun teh. 

Bye, salam teh bandulan, wkwk
(Karena suguhannya teh bandulan 1 dus)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer