Ranking OST Gintama (Opening) Versi saya




Halo mina-san... hehe gimana, udah kaya blog-blog vvibu belum?

Sebenarnya saya bukan wibu, bukan juga otaku. Saya hanya manusia biasa yang kebetulan nonton anime. Kebetulan lagi, anime yang saya tonton adalah gintama. Sebenarnya gintama itu punya banyak episode, sekarang sih sudah nyampe 367, dan lagi hiatus bentar, mungkin nungguin manganya. Meskipun gintama punya banyak episode, tapi bagi saya anime ini menarik untuk diikuti. Dan kebetulan jenis komedinya cocok dengan selera saya, hehe

Hal yang menarik dari anime gintama menurut saya adalah tentu saja ceritanya. Bagi yang menyukai genre action tipe-tipe samurai, mungkin menonton gintama akan seru. Selain action dan komedi, ada juga nilai persahabatan yang menurut saya cukup elegan, tidak terlalu menye-menye. Tokoh utama dalam anime gintama juga sangat  unik. Selain dari gaya berpakaian dan tampilan fisik (terutama rambut yang warnanya perak), gintoki (tokoh utama gintama) memiliki karakter yang kuat, bukan hanya skill bertarungnya, tapi kemalasannya juga (haha).  Entah kenapa, bagi saya gintoki itu sedikit menyebalkan tapi keren. Jika di dunia nyata ada orang seperti gintoki, saya pasti ingin jadi temannya, karena dia tidak sok keren padahal aslinya keren banget. Aaaaa pokoknya mas gintoki, I love you, haha, eh tapi lebih love okita-kun sih, maap ya mas gin.

Selain dari cerita dan tokoh-tokohnya, hal yang sangat menarik dari anime ini adalah lagu-lagu pada opening dan endingnya yang hampir semuanya bagus. Bukan hanya enak di dengar, tapi juga cocok dengan arc atau cerita yang sedang dibawakan. Nah, berikut adalah 10 ranking lagu-lagu opening anime Gintama versi saya:

  1. Donten by DOES
    Lagu ini mengisi opening ke 5 pada episode 100-125. Pada episode tersebut terdapat banyak arc, terutama shinsengumi crisis arc. Menurut saya, pemilihan lagu Donten sebagai opening Shinsengumi crisis arc sangatlah cocok, bagaikan Gudeg dan Jogja. Hehe. Ingat Gudeg, ingat Jogja. Ingat Jogja, ingat Gudeg. Ingat Shinsengumi crisis arc, ingat Donten. Inget Donten, ingat shinsengumi crisis arc. Yhaa gitu. Dengan adanya Donten sebagai opening arc ini, menambahkan kesan sangar, apalagi ekspresi tokoh pada video klipnya dibuat serius. Pokoknya mantep cuy. Mantap mania? Mancing!!

  2. KNOW KNOW KNOW by DOES

    Eh, DOES lagi nih. Yha namanya juga versi saya. Menurut saya, DOES dan Gintama cocok, bagaikan gudeg dan krecek. Wahaha. Tanpa krecek, gudeg kurang maknyus, ya meskipun tetap bisa dimakan, kalau lagi laper. Haha. Tanpa DOES, gintama juga tetep bisa pake band lain, tapi ya tidak secocok gintama+DOES. Lagu ini menjadi opening ke 17 pada episode 304-316. Lagi-lagi pemilihan lagu sebagai opening cocok dengan arcnya, yaitu Shogun Assasination Arc dan Farewell, Shinsengumi Arc. Meskipun lagu ini terkesan garang, tapi memang iya, jadi cocok sekali untuk mengiringi pertarungan hebat dalam episode-episodenya. Oh ya, arc Shogun assasination adalah arc yang membuat sesak napas, dan banyak sekali irisan bawang bertaburan. Pertarungan gila antara shinsengumi yang mencoba melindungi shogun melawan musuh yang mencoba membunuh shogun. Ya tentu Gintoki bantu-bantu dan pertarungannya kebetulan melawan sahabatnya sendiri, yaitu takasugi shinsuke. Pada arc ini, saya sampai lupa kalo Gintama adalah anime bergenre komedi. Menegangkan cuy. Tapi setelah itu agak selo pada arc Farewell shinsengumi. Ya tapi ada aroma-aroma kesedihan. Meskipun pertarungan sudah berakhir, tapi tetap saja tidak bisa merasa lega. Intinya, lagunya bagus dan cocok.

  3. Katte ni My SOUL by DISH//

    Lagu ini merupakan opening ke 20 pada episode 342-353 yang merupakan arc Silver Soul. Arc ini merupakan arc terbaru Gintama. Saya tidak akan komen panjang lebar, karena males aja. Intinya lagu ini merupakan salah satu ost gintama favorit saya.

  4. Gin Iro no Sora by Redballon 

    Lagu ini mengisi episode 50-75 sebagai opening ke 3. Dalam rentang episode tersebut terdapat banyak arc, namun yang paling menarik bagi saya adalah benizakura arc. Arc benizakura juga dijadikan versi movie dan Live Action yang pertama. Tidak diragukan lagi kan kalau arc ini sungguh menarik? Hehe tuh sampe dibikin movie dan live action. Lagu ini juga cocok mengisi arc tersebut, karena membuat saya jadi semangat menonton. Wkwk apaan si. Ya intinya gitu.

  5. Sakura Mitsusuki by SPYAIR
    Nah, kalau tadi DOES dan Gintama bagaikan gudeg dan krecek, sekarang gintama dan SPYAIR bagaikan gudeg dan krecek juga. Ya karena SPYAIR juga klop dengan gintama. Hehe. Sakura mitsusuki mengisi opening ke 13 pada episode 257-265. Kalau ini, saya lupa arcnya, ya maklum karena saya nonton sudah lama. Tapi intinya lagunya bagus, hehe.

  6. Pride Kakumei by ChiCO with HoneyWorks 


    Lagu ini merupakan opening ke 15 dan mengisi episode 278-291. Arc dalam episode ini juga banyak, dan saya juga lupa, hehe. Jadi, nikmati saja lagunya, karena lagunya bagus


  7. Dilemma by Ecosystem

    Lagu ini mengisi episode 228-240 sebagai opening ke 10. Sayang sekali, saya juga lupa arcnya apa saja, hehe. Tapi ada arc Love Chorris arc, bercerita tentang shinpaci yang ingin memiliki pacar. Selain itu ada juga vacation arc, bercerita tentang liburan (ya namanya juga vacation), tapi disini Shogun jadi koplak, seingat saya, shogun malah dijadikan papan buat sky. Emang kurang ajar tuh. 


  8.  I Wanna Be... by SPYAIR

    Selain DISH//, arc silver soul juga diisi oleh SPYAIR. SPYAIR mengisi opening ke 21 pada episode 354-367. Pada arc ini saya tidak akan komentar panjang lebar, karena males, hehe. Intinya ketika anime ini tayang, manga nya dikabarkan akan tamat dalam beberapa chapter. Eh ternyata cuma prank, seperti biasa. Emang authornya suka gitu. Tapi saya juga sempat ketipu, karena alurnya seperti dipercepat. Terlihat dari tokoh utama, yaitu Kagura dan Shinpaci yang tiba-tiba naik level sangat drastis hanya dalam waktu 2 tahun. Tapi ya terserah author sih mau bikin cerita seperti apa, intinya lagunya bagus,

  9. Pray by Tommy Heavenly6

    Lagu ini tentu sangat legendaris bagi penggemar anime gintama seperti saya, karena ini adalah opening pertama. Lagu ini mengisi opening dari episode pertama hingga episode 24. Pada awal-awal episode, anime gintama masih random, ya koplak si, tapi belum ada arc nya. Lagu ini menuntun episode-episode random gintama menuju episode-episode yang dikemas dalam berbagai arc. Ya seperti judulnya, Pray, ternyata bisa menuntun gintama menuju episode yang jelas, wkwk, apaan si. Ya intinya ini lagu legendaris.

  10. Wonderland by FliP

    Lagu ini menjadi opening ke 11 dan mengisi episode 241-252. Karena episode ini sudah saya tonton sejak lama, jadi sekarang saya benar-benar lupa. Intinya silahkan nikmati lagunya saja, hehe.



Nah, itulah peringkat 10 lagu opening gintama versi saya. Sebenarnya lagu yang lain juga bagus-bagus, maka dari itu, ini dia peringkat ke 11-terakhir hehe:
  • 11.  OP2: Tooi Nioi by YO-KING (episode 25-49)
  • 12.  OP14: Day x Day by BLUE ENCOUNT (episode 266-277)
  • 13.  OP18: Kagerou by ReaL (episode 317-328)
  • 14.  OP6: Anata magic by Monobright (episode 126-150)
  • 15.  OP7: Stairway Generation by Base Ball Bear (episode 151-176)
  • 16.  OP12: LET'S GO OUT by Amoyamo (episode 253-256)
  • 17.  OP9: Togenkyou Alien by Serial TV drama (episode 202-227)
  • 18.  OP16: Beautiful Days by OKAMOTO's (episode 292-303)
  • 19.  OP4: Kasanaru kage by Hearts Grow ( episode 76-99)
  • 20. OP8: Light Infection by Prague (episode 177-201) 
  • 21: VSby BLUE ENCOUNT (episode 329-341)


Demikianlah peringkat opening Gintama versi kuping saya. Penilaian ini murni berdasarkan kehendak saya, ya iya dong, kan ini blog saya. Hehe. Jika ternyata anda juga membuat peringkat opening Gintama tapi hasilnya berbeda dengan saya, ya sudah, tidak masalah, berarti selera anda berbeda dengan selera saya. Pusing juga membuat peringkat begini, karena lagunya gintama sungguh mantap-mantap, bingung saya. Tapi ini belum apa-apa, masih ada lagu ending yang tak kalah bagus, bahkan menurut saya lagu endingnya lebih muantappu dibanding lagu openingnya. Mungkin lain kali akan saya buat versi endingnya, semoga tidak mager. Terima kasih telah membaca.. selamat mendengarkan, hehe, eh udah dari tadi deng ya.. ya sudah, bye, salam JUSTAWAY!!!

*bagi yang tidak tahu justaway, ini dia bentukannya:

Komentar

  1. Min kalo liat anime gintama tu di web apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru kelar nonton gintama nih XD. Lewat apk animlovers ye gan~ ni anime bener" bikin saya jatuh cinta setengah mati parah sih! Urutan seasonnya bisa cek di web". Selamat marathon dan selamat jatuh cinta pada gintama!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer